Voting Advice Application Pertama di Indonesia

Jakarta, 17 Januari 2022 – Menjelang Pemilu 2024, BOI Research mengembangkan Voting Advice Application untuk membantu pemilih (muda) memahami preferensi politiknya.

Perdebatan tentang demokrasi sering kali diiringi dengan kekhawatiran mengenai tingkat partisipasi publik yang rendah, salah satunya dalam pemilihan umum. Namun, di saat yang sama di Indonesia, para pemilih menghadapi dilema akan ketidakjelasan platform dan program partai politik yang menyulitkan pemilih untuk menentukan pilihannya. Dengan adanya Pemilu 2024 mendatang, BOI Research melihat ajang demokrasi ini sebagai sebuah tanggung jawab untuk membantu publik mengetahui informasi-informasi yang dibutuhkan untuk menentukan pilihannya.

Pemilih muda dilansir akan memegang sepertiga dari total pemilih terdaftar di Pemilu 2024. Baik di proses elektoral maupun partisipasi publik, anak muda memegang peranan sentral di demokrasi Indonesia. Selain memiliki kans suara politik yang besar, anak muda akan menjadi pembuat kebijakan di masa mendatang. BOI Research memandang urgensi pendidikan politik ini untuk memastikan bahwa anak muda terlibat aktif dalam mengawasi dan terlibat dalam perjalanan demokrasi Indonesia.

Untuk itulah Kawula17 hadir. Kawula17 adalah sebuah Voting Advice Application (VAA) atau aplikasi/platform online yang membantu pengguna untuk memahami pilihan politiknya: baik di spektrum substansi, maupun partai politik itu sendiri. VAA Kawula17 gratis dan dapat diakses semua orang tanpa terkecuali. Ini untuk memastikan bahwa pendidikan politik dapat diterima oleh seluruh warga Indonesia.

Dalam Kawula17, pengguna akan menentukan posisinya di masing-masing pernyataan yang diberikan. Pernyataan-pernyataan ini dibuat berdasarkan isu/kebijakan yang saat ini sedang dibahas publik dan pemerintah. Melalui pilihan-pilihan ini, Kawula17 akan menerjemahkan jawaban pengguna untuk melihat kedekatan preferensi tersebut dalam kaitannya dengan sikap partai politik Indonesia saat ini. Kawula17 berupaya untuk membantu pemilih, terutama anak muda, untuk memahami preferensi dan pilihan politiknya. Pada 2024, Kawula17 berharap para pemilih (muda) dapat menentukan pilihannya dengan berbasiskan alasan, kemudian mengawasi jalannya pemerintahan yang mereka pilih maupun tidak.

Sejak bulan Oktober lalu, Kawula17 meluncurkan pilot survey di kalangan mahasiswa. Pilot survey ini bertujuan untuk memahami relevansi isu-isu yang tersedia di VAA Kawula17 dengan kebutuhan dan sikap kawan-kawan mahasiswa. Antusiasme para kawula muda membuat kami semakin yakin bahwa ruang diskusi dan platform edukasi politik sangat dibutuhkan saat ini, lebih-lebih dari sebelumnya. Hasilnya, 291 responses terkumpul dan tersebar di setidaknya 14 universitas di Indonesia. Analisis mendalam mengenai temuan Kawula dapat diakses di sini.


Narahubung: Maria Angelica Christy Aka (Angel), peneliti di BOI Research dan co-founder Kawula17.

Lihat press release Kawula17 selengkapnya di sini:

Related posts

Survei PP17 Ungkap Peningkatan Kekhawatiran Dampak Lingkungan Akibat Proyek IKN

by Maria Angelica Christy Aka
1 year ago

Kolaborasi Kawula17 x Bijak Memilih: Memantik Pemilihan Berdasarkan Isu

by Ingmar van den Brink
3 months ago

Intensi Masyarakat Tinggi untuk Berpartisipasi Aktif pada Pemilu 2024

by Yoan Disty
2 years ago
Exit mobile version