Jakarta, 8 April 2022 – Kawula17 secara teratur mengumpulkan berbagai isu yang tengah menjadi perbincangan publik. Dari isu-isu yang ada, beberapa isu seperti cuti khusus, penghapusan kekerasan seksual, dan hukuman bagi koruptor mendapatkan dukungan kuat di kalangan publik. Temuan-temuan ini merupakan bagian dari survey terkini Kawula17 yang diluncurkan di seluruh Indonesia.

Kawula17, sebuah aplikasi saran pemilihan besutan BOI Research, baru-baru ini meluncurkan survei keduanya di kalangan masyarakat Indonesia. Survei ini mencakup beberapa topik seperti isu gender dan penghapusan kekerasan seksual, ketenagakerjaan, peran KPK dalam pemberantasan korupsi, dan lain-lain.

Maraknya isu dan kasus kekerasan seksual belakangan ini juga mendapatkan perhatian besar di ranah publik. Secara umum, 9 dari 10 menganggap bahwa Indonesia sedang menghadapi darurat isu kekerasan seksual (pelecehan seksual, pemerkosaan, dll.). Lebih lanjut, suara dukungan terdengar untuk menegakkan hukuman bagi para pelaku pelecehan seksual. Oleh karena itu, publik mendukung adanya undang-undang atau aturan diperlukan untuk menanggulangi fenomena kekerasan seksual di Indonesia.

Dari isu ketenagakerjaan, publik menunjukkan dukungan kuat terhadap jaminan dan implementasi dari hak cuti khusus. Hampir 9 dari 10 berpendapat bahwa cuti khusus merupakan hak dasar bagi pekerja untuk memastikan kesejahteraan mereka. Selain itu, aturan dibutuhkan untuk menjamin perlindungan dan kesejahteraan bagi pembantu rumah tangga (PRT). Ini mendapatkan dukungan dari setidaknya 4 dari 5 orang.

Terkait isu pemberantasan korupsi, 8 dari 10 orang setuju akan diterapkannya penjara seumur hidup bagi para koruptor. Untuk mendukung pemberantasan korupsi, publik berpendapat bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) perlu memiliki kewenangan lebih selama proses penyidikannya, terutama dalam kasus korupsi politik. Kewenangan lebih ini misalkan dalam bentuk operasi tangkap tangan, dan lain-lain.

Kawula17 juga mengukur indeks preferensi politik publik (dari skala 0 sampai 100) terhadap partai politik, terutama sembilan (9) partai yang saat ini memiliki kursi di DPR. Berdasarkan indeks skor ini, Kawula17 menemukan bahwa Partai Demokrat (35), PKB (32), dan Golkar (30) menempati tiga partai politik teratas yang paling relevan dengan sikap publik mengenai topik-topik yang ada. Ini mengindikasikan bahwa ketiga partai tersebut, dan terutama Demokrat, adalah partai politik yang paling relevan dengan pilihan masyarakat saat ini. Analisis mendalam mengenai temuan Kawula dapat diakses di sini.


Narahubung: Maria Angelica Christy Aka (Angel), peneliti di BOI Research dan co-founder Kawula17.

Lihat press release Kawula17 selengkapnya di sini: