Jakarta, 12 Januari 2024 – Dikembangkan oleh yayasan non-partisan PP17, Kawula17.id membantu pemilih untuk sejalan dengan partai politik berdasarkan isu-isu spesifik, mendorong pengambilan keputusan yang terinformasi. Hanya dalam seminggu terakhir, Voting Advice Application (VAA), bekerja sama dengan mitra komunikasinya, mendapatkan perhatian dan memberikan lebih dari 105.000 saran dalam hanya dua hari. VAA seperti Kawula17.id menyederhanakan pengambilan keputusan bagi pemilih di tengah kelebihan informasi, yang menjadi sangat penting mengingat lebih dari 107 juta pemilih muda diharapkan berpartisipasi dalam pemilihan yang akan datang.

 

Saat Indonesia bersiap menghadapi masa pemilihan, kekhawatiran tentang tingkat partisipasi publik dalam demokrasi dijawab dengan perkembangan yang menjanjikan — munculnya Voting Advice Application (VAA). Di Indonesia, pemilih seringkali merasa kesulitan untuk memahami program politik yang tidak jelas atau terkadang tumpang tindih. Aplikasi ini bertujuan untuk memberdayakan publik dalam membuat keputusan yang terinformasi dalam proses demokratis. Voting Advice Application (VAA) sendiri bukan barang baru di banyak negara demokratis. Indonesia memulai tahapan ini dengan pendekatan inovatif yang diprakarsai oleh Kawula17.id.

 

Kawula17.id dikembangkan oleh yayasan independen PP17, entitas non-partisan yang berkomitmen untuk memberikan informasi kepada publik, terutama generasi muda, tentang pentingnya demokrasi. Tujuan utama PP17 adalah memahami secara komprehensif masalah sosial, ekonomi, dan politik, dengan demikian dapat mendorong pemilih yang terinformasi. Sedangkan, Kawula17.id berfokus untuk menunjukkan kompatibilitas individu dengan partai politik berdasarkan isu-isu tertentu.

 

Sampai sekarang VAA udah mencapai lebih dari 105.000 pengguna dalam hanya dua hari; salah satu rakyat Twitter calon presiden Ganjar Pranowo turut men-tweet inovasi ini dan semakin meningkatkan buzz VAA Kawula17.id. Dalam upaya kolaboratif untuk lebih melibatkan anak muda, Kawula17.id bekerja sama dengan Bijak Memilih, sebuah gerakan independen yang aktif menyebarkan informasi tentang isu-isu politik melalui media sosial.

 

Signifikansi inisiatif  seperti VAA Kawula17.id tidak bisa dianggap remeh. Dengan lebih dari 107 juta pemilih muda yang akan memilih tahun depan, alat ini bisa membantu terutama pemilih muda untuk mengambil keputusan secara rasional. pengenalan VAA di Indonesia merupakan langkah positif menuju peningkatan partisipasi publik dan pembentukan pemilih yang terinformasi dan sejalan dengan nilai dan kekhawatiran mereka. Tingginya animo untuk menggunakan VAA, kolaborasi antara Kawula17.id dan Bijak Memilih,  menunjukkan pentingnya inovasi untuk memberdayakan pemilih terutama pemilih pertama untuk bisa kenal dan tahu serta pada akhirnya memilih sejalan dengan isu dan nilai yang pemilih anut.