Respon masyarakat terhadap kuis Ca(wa)pres Kawula17 luar biasa fenomenal, kuis ini telah memberikan 629.801 saran untuk pemilihan presiden Indonesia sejak dirilis pada 27 Januari silam. Dalam lima hari terakhir, pengguna telah berbagi kuis Cap(wa)res Kawula17 melalui WhatsApp (65%), X (sebelumnya Twitter, 31%), dan sisa pembagian melalui Facebook (4%).

Dapat dipahami apabila banyak pengguna yang meminta hasil kuis tersebut dirilis. Namun, kuis Ca(wa)pres Kawula17 bukan sebuah alat untuk memprediksi pilihan presiden. Sebaliknya, kuis ini bertujuan untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang pilihan mereka dalam Pemilu yang akan datang. Oleh karena itu, Kawula17.id tidak akan mempublikasikan angka mengenai pasangan kandidat yang direkomendasikan atau partai politik.

Meskipun demikian, beberapa hal masih mungkin dibagikan, salah satunya seperti pendapat pengguna kuis saran pemilihan Kawula17.id terhadap isu. Hasil berikut didasarkan pada pengguna saran pemilihan Ca(wa)pres Kawula17, terutama yang dibagikan melalui WhatsApp dan X. Perlu diingat, hasil ini tidak dapat digeneralisasi untuk merepresentasikan masyarakat Indonesia.

Ternyata, 22% pengguna mengidentifikasi diri sebagai konservatif atau berfokus pada nilai-nilai tradisional, intervensi pemerintah yang terbatas, dan mendukung adanya stabilitas. Sementara 78% sisanya adalah progresif, atau sebagai orang yang mencari reformasi sosial dan politik, seringkali advokasi untuk intervensi pemerintah, keadilan sosial, dan peluang yang setara.

Hasil ini sangat menarik karena pengguna kuis Kawula17 mengungkapkan kesenjangan yang mencolok dengan banyaknya orang di Indonesia yang cenderung progresif secara sosial, namun sayangnya tidak ada partai politik yang sejalan dengan ideologi progresif.

Hasil kuis Capres juga menunjukan beberapa hal yang mengejutkan. Sebagai contoh, pengguna kuis merasa bahwa ketika berbicara tentang isu tenaga kerja bidang kesehatan, fokusnya bukan pada gaji yang lebih tinggi atau bahkan peningkatan jumlah sekolah. Sebaliknya, menurut 59% pengguna kuis Ca(wa)pres Kawula17, seharusnya fokus pada pemberian beasiswa bagi tenaga kesehatan dari daerah yang membutuhkan perhatian dan memastikan hak-hak tenaga kesehatan terpenuhi selama periode pelatihan.

Hal yang menarik juga terdapat pada lebih banyak pengguna yang sepakat dengan gagasan yang berkaitan dengan peningkatan penggunaan energi baru dan terbarukan. Sebanyak 78% pengguna kuis, mendukung peningkatan energi terbarukan menjadi 25-30% pada tahun 2029, juga upaya pemeliharaan hutan, pengurangan polusi udara, pembatasan penggunaan plastik, dan transisi energi.

Sementara di sisi lain, luas hutan di Indonesia telah berkurang hampir satu juta hektar dalam 5 tahun terakhir (Katadata Green, 2022). Meskipun pengguna tidak memiliki preferensi mayoritas untuk satu solusi, 4 dari 10 orang berpikir bahwa cara terbaik ke depan adalah dengan memanfaatkan lahan yang kurang produktif secara lebih baik untuk mencegah deforestasi lebih lanjut. Dari berbagai solusi yang diusulkan oleh pasangan presiden, inilah yang mendapatkan dukungan terbanyak sebagai solusi untuk penggundulan hutan.

Lihat press release kuis Kawula17 lainnya di sini: