Voting Advice Applications: Solusi Biar Nggak Pusing Pas Milih Pemimpin

Sadar atau tidak, pemilu itu sama pentingnya kayak nyari jodoh. Tapi sama kaya nyari jodoh, pemilu juga bikin pusing! Apalagi kalau tiap 5 meter ada muka caleg senyum di spanduk–kecuali Komeng–bener-bener kayak lagi jalan di red carpet dengan artis-artis dadakan. Belum lagi pas milih presiden, kok rasanya lebih banyak gimmick daripada program nyata. Pusing nggak, tuh?

Padahal sebagai warga negara, kita punya tanggung jawab buat terlibat aktif dan kritis dalam pemilu. Tapi gimana bisa kritis kalau kampanye aja amburadul? Makanya, penting banget punya alat bantu yang bikin semuanya lebih mudah. Nah, buat kamu yang pusing tujuh keliling, ada loh teknologi keren yang bisa bantu: Voting Advice Applications (VAA). Pssttt, di Indonesia ada loh VAA namanya Kawula17. Aplikasi kaya bumble-nya politik, jadi nggak cuma buat gaya-gayaan, tapi beneran bantu kamu milih pemimpin dengan lebih cerdas dan santai.

Meningkatkan Pengetahuan Politik: Nggak Lagi Bingung Sama Janji Manis

Bayangin kamu lagi scroll-scroll HP, terus ketemu VAA seperti Kawula17 yang ngejelasin posisi politik tiap kandidat atau partai. Misalnya, si A janji akan bangun jalan tol dari Anyer sampai Panarukan (lah kandidat apa Daendels yak), lalu si B konon bilang mau fokus buat bikin lampu penerangan jalan. Nah, VAA ini bisa bantu kamu buat ngerti mana yang beneran sesuai sama kebutuhan dan nilai-nilai kamu. Di Indonesia, penelitian menunjukkan bahwa pengguna VAA jadi lebih pinter soal politik. Pengetahuan mereka naik 11% dibanding yang nggak pake​​*. Jadi, ngurangin banget termakan efek janji (manis) yang bisa jadi ternyata cuma gimmick doang.

Pas Pilpres 2024 kemarin, VAA Kawula17 berhasil bantu kasih 1,3 juta rekomendasi buat pemilih selama masa kampanye​​. Jadi, udah banyak banget orang yang merasa terbantu sama alat ini. Orang-orang yang pakai bilang mereka nggak perlu lagi bingung atau asal pilih karena semua udah disesuaikan sama preferensi. VAA ini bisa dibilang kayak personal assistant yang tahu banget kamu. Jadi, dia bakal kasih rekomendasi kandidat atau partai yang paling cocok sama preferensi politik kamu. 

Mendorong Keterlibatan Demokratis: Jadi Pemilih Aktif, Bukan Pemilih Asal

Dengan VAA seperti Kawula17, kamu bakal jadi lebih semangat ikut dalam proses demokrasi. Bukan cuma nonton debat politik sambil ngemil kacang rebus, tapi juga beneran terlibat. Di negara-negara lain kayak Belanda dan Jerman, VAA juga udah digunakan oleh jutaan pemilih menjelang pemilu nasional​​. Artinya, makin banyak orang yang nggak males buat ikut pemilu karena ngerasa lebih terinformasi dan punya dasar buat milih. Dengan begitu, partisipasi masyarakat di pemilu jadi meningkat yang membuat hasil pemilu lebih terlegitimasi.

Meningkatkan Keputusan yang Dipertimbangkan: Lebih Dari Sekadar Feeling

Kalau dulu milih pemimpin cuma berdasarkan feeling atau karena calegnya mirip artis idola, sekarang emosinya mending dipakai ngelihat pemilu berjalan lancar dan damai. Karena, VAA ngajak kamu buat mikir lebih kritis. Kamu jadi tahu program-program nyata tiap kandidat dan bisa membandingkan dengan lebih objektif. Penelitian bilang kalau pengguna VAA cenderung lebih kritis dalam memilih, nggak cuma berdasarkan emosi atau partisan​​*. Kalau begini, kita bisa berharap pemimpin yang terpilih ialah orang yang punya kapabilitas mumpuni untuk jadi pemimpin. Semoga dampaknya negara jadi makin maju, aaminn.

Kesimpulan

Jadi, buat kamu yang sering galau pas pemilu, VAA seperti Kawula17 ini solusinya. Nggak cuma bikin kamu lebih pinter soal politik, tapi juga bantu bikin keputusan yang lebih terinformasi. Dengan VAA, pemilu nggak lagi jadi ajang pusing-pusingan, tapi jadi kesempatan buat milih pemimpin yang beneran sesuai sama harapan kita. Buat yang kepo sama VAA Kawula17, bisa mampir ke website kami di www.kawual17.id. Denger-denger Kawla17 juga mau buat VAA untuk Pilkada 2024, tuh. Yuk, pakai VAA biar pemilu kita makin cerdas, transparan, dan seru!

*Impact Assesment oleh Mahasiswa Universitas Indonesia dan Pelopor Pilihan17