FAQ

Sobat Kawula bertanya, Kawula17 menjawab!

VAA (Voting Advice Application) atau aplikasi saran pemungutan suara adalah alat yang dirancang untuk membantu pemilih membuat keputusan berdasarkan informasi selama masa pemilu. VAA ini telah banyak digunakan di banyak negara dengan sistem pemerintahan demokrasi sebagai cara untuk membantu pemilih.

VAA bertujuan untuk mendorong keterlibatan masyarakat dan mengedukasi (calon) pemilih. VAA memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan masalah sosial dan politik untuk menentukan preferensi penggunanya.

 

Kawula17.id menyediakan VAA non-partisan yang dibuat oleh Pelopor Pilihan17 (PP17). Isu-isu yang ada di VAA diperbaharui setiap 3 (tiga) bulan sekali agar tetap relevan.

Data yang kamu isi di VAA sama sekali tidak digunakan untuk kepentingan komersil. Kawula17.id juga mengizinkan kamu untuk melihat hasil tanpa perlu login.

Di Indonesia sendiri, banyak sekali topik/isu/kebijakan yang terjadi dan layak untuk diperhatikan. Namun, dalam mengembangkan VAA Kawula17 menerapkan beberapa batasan isu, yaitu:

  1. VAA Kawula17.id disusun berdasarkan isu yang digunakan dalam penelitian. Isu-isu yang menjadi pertanyaan di VAA merupakan isu terkini yang penting dan relevan oleh masyarakat dan diperbincangkan di media/DPR selama 3 (tiga) bulan terakhir.
  2. Isu-isu tersebut adalah isu yang mendapat perhatian/tanggapan dari partai politik, baik di parlemen maupun di internal partai politik yang bersangkutan.
  3. Setelah isu-isu yang dianggap penting terkumpul, maka Kawula17 akan melakukan survei nasional untuk melihat relevansi isu tersebut di masyarakat. Hal ini untuk memastikan bahwa pertanyaan yang ada di VAA merupakan isu yang tidak hanya penting tetapi juga dirasa memiliki pengaruh di masyarakat.
  4.  VAA melewati dua kali peninjauan sebelum diperbaharui dan dapat digunakan oleh publik
  5. Langkah-langkah ini, dilakukan untuk memastikan bahwa VAA dapat menjadi sumber informasi yang terpercaya dan
    terkini bagi masyarakat Indonesia.
  1. Kawula17 menghubungi sekretaris jendral atau perwakilan partai politik dari 16 partai politik baik di dalam maupun di luar parlemen untuk mendapatkan posisi sikap partai terhadap isu-isu
  2. Pada saat yang bersamaan Kawula17 juga memberikan ruang untuk partai politik memberikan umpan balik terkait struktur pertanyaan dan sikap partai politik terhadap isu
  3. Dalam hal, partai politik tidak merespon, maka Kawula17 akan melakukan monitoring media (berita maupun sumber lainnya seperti risalah rapat/hasil rapat DPR yang dipublikasikan secara resmi oleh pemerintah
  4. Kawula17.id juga melakukan penelitian dengan sample representatif nasional untuk memastikan relevansi isu yang dipilih
  5. Laporan hasil penelitian tersedia di website Kawula17.id dan dapat diakses oleh publik

Di halaman hasil, akan muncul daftar partai politik. Semakin tinggi tingkat persentasenya, maka partai tersebut semakin memiliki sudut pandang yang sama dengan kamu.

Saat ini di VAA Kawula17.id mencakup 14 partai politik dengan rincian 9 partai yang ada di DPR dan 5 partai di luar partai di DPR

Setiap pernyataan yang kamu pilih apabila posisinya sama dengan posisi partai maka akan dihitung 1 poin, poin-poin tersebut akan dijumlahkan dan menjadi hasil persentase yang kamu lihat di halaman hasil.

VAA (Voting Advice Application) Kawula17.id merupakan aplikasi saran pemungutan suara jadi tidak diwajibkan untuk memilih partai hanya berdasarkan hasil VAA. VAA bertujuan membantu memberikan rekomendasi berdasarkan jawaban yang diisi terkait isu-isu dan posisi partai politik.

Terkait soal rilis hasil, harus diingat kembali bahwa kuis-kuis VAA kami adalah kuis yang niatnya adalah untuk membantu setiap individu untuk menentukan sejauh mana kesesuaian antara gagasan individu terhadap isu-isu terkini dan gagasan partai politk atau Ca(wa)Pres. Jika ada yang memakai kuis tersebut dan ingin membagikan hasil kuis mereka sebagai cerminan preferensi pribadi mereka di sosial media, tentu ini adalah bagian dari hak si pemakai kuis.

Namun harus diingat bahwa VAA kami adalah kuis dan bukanlah survey (yang bersifat prediktif) sehingga tidak boleh digunakan untuk memprediksi hasil tertentu. Ketika ada yang memberikan komentar “kok Kawula17 tidak mau bercerita tentang hasil siapa yang jadi jagoan sementara di kuis ini yah!!” Kesannya kita tidak mau berbagi hasil siapa yang menang, padahal memang tidak pada tempatnya Kawula17 membagi hasil seperti tersebut karena kembali ke sifat kuis yang lebih sebagai alat menemukan preferensi pribadi terhadap isu.

Kawula17.id tidak menggunakan data untuk tujuan komersial atau memberikan data hasil VAA dalam bentuk apapun kepada pihak eksternal. Data yang dapat diakses dan digunakan untuk umum adalah data penelitian kuantitatif. Pihak akademis atau universitas, jika berminat, dapat mengontak kami untuk mendapatkan data anonim dari hasil penelitian tersebut. Baik survei maupun VAA, tidak ada nama, alamat email, atau nomor telepon yang akan dibagikan kepada siapa pun.

Saat ini Kawula17 menggunakan 2FA (atau otentikasi dua faktor) untuk login ke tool. Data disimpan dengan enkripsi AES-256 (yaitu Standar Enkripsi Lanjutan). Namun yang lebih penting, kami tidak mengumpulkan informasi pribadi. Jadi, tidak ada nama, alamat email, atau nomor telepon yang dikumpulkan melalui kuis VAA kami baik Kuis Parpol maupun Kuis Ca(wa)Pres

Contacts

Jl. Kemang Raya No.31 Kemang Jakarta Selatan 12720 0811-8128-762

Follow us

Disclaimer

Kawula17 merupakan program dari PP17 yang aktif mendorong masyarakat untuk terlibat aktif dan berkontribusi dalam ruang gerak masyarakat sipil (civic space).

 

PP17 merupakan lembaga independen dan bukan merupakan afiliasi/anggota dari partai politik tertentu (non partisan) dan tidak melakukan tindakan/komunikasi dengan pejabat manapun untuk mempengaruhi kebijakan/keputusan pemerintah.

Powered by