Jakarta, 10 Februari 2023 – PP17, sebuah lembaga independen di Jakarta, baru saja menyelesaikan Survei Nasional Kawula17 Q4 2022 dengan sampel representatif dari 616 responden di seluruh Indonesia. Hasil utama dari penelitian ini menunjukkan bahwa PDI-P dan Ganjar Pranowo memiliki dukungan kuat dari masyarakat sebelum pemilu nasional.\

Menurut hasil penelit­­ian, partai politik yang paling dipertimbangkan untuk pemilu 2024 adalah PDI-P (29%), Gerindra (12%), Gokar (12%), dan Demokrat (11%). Partai yang menempati posisi favorit untuk dipilih adalah PDI-P dengan dukungan suara sebanyak 20%. Posisi tersebut masih konsisten dengan hasil survei sebelumnya yang dilaksanakan pada tanggal 22 September 2022.

Kandidat yang paling dipertimbangkan untuk pemilu tahun 2024 adalah Ganjar Pranowo (36%), Ridwan Kamil (18%), Anies Baswedan (8%), dan Prabowo Subianto (15%). Dukungan terhadap kandidat Ganjar Pranowo tetap stabil dibandingkan dengan hasil 3 bulan yang lalu. Sedangkan, Ridwan Kamil dan Anies Baswedan mengalami penurunan suara sebesar 3% sejak kuartal terakhir. Sementara dukungan terhadap Prabowo Subianto menunjukkan sedikit peningkatan sebesar 3%.

Meskipun PDI-P menempati posisi favorit untuk dipilih, namun hal ini belum berimbas pada tingkat popularitas Puan Maharani. Puan Maharani masih perlu untuk meningkatkan dukungan politiknya.

“Hasil ini sangat penting dan menarik untuk diamati dalam memahami situasi politik Indonesia saat ini,” ujar Yoan Disty, seorang peneliti dari PP17. “Kami berharap hasil penelitian ini dapat membantu masyarakat dalam membuat keputusan yang tepat dan bijak saat memilih pemimpin dalam pemilu tahun depan.”

PP17 akan terus melakukan penelitian, memantau perkembangan situasi politik dan partisipasi aktif di Indonesia untuk membantu masyarakat memahami isu-isu penting dan membuat keputusan yang bijak dalam pemilu mendatang.

Laporan hasil survei dapat dilihat secara lebih lengkap dalam tautan disini.

Narahubung: Yoan Disty (yoandisty@kawula17.id) dan Patricia Grace (grace@kawula17.id) peneliti Kawula17.

Tentang Kawula17

Kawula17 adalah Voting Advice Application (VAA), sebuah aplikasi yang membantu para pemilih untuk memahami preferensi politiknya berdasarkan pada isu-isu sosial dan politik yang relevan dengan situasi terkini.